thank you for your visiting on this blog, welcome! please, type or click you are interested, Wilujeng sumping di blog simkuring, Haturnuhun

04 Maret 2009

Belajar Bahasa Dayak Tengon/ sempatung

http//matematika-edo.blogspot.com

MENGENAL BAHASA DAYAK

(Tengon / Sempatung)

 

Adil ka talino, bacuramin ka saruga, basengat ka jubata.

 

Itulah salamnya orang Dayak, yang diucapakan ketika mau berpidato, dst.

Artinya,” Adil kesesama Manusia, bercermin kekebaikan, bergantung ke Tuhan”

Jawabanya,”Harus...” tapi dibacanya terdengar seperti ”arus..” bunyi h dan r-nya luluh.

Bahasa Dayak banyak sekali (katanya lebih kurang 545 bahasa), tiap kecamatan bahasanya berbeda-beda, bahkan tetangga dusunpun bisa beda bahasa.  Kadang-kadang sesama orang dayakpun tidak saling mengerti bahasanya.

Saya banyak belajar dari kawan-kawan saya dan murid-murid saya di sekolah, walupun mengucapakannya masih salah-salah tapi mereka memakluminya dan senang mengajari saya.

Salah satu bahasa di pedalaman Kalbar adalah bahasa Dayak Tengon/ Sempatung.

Tengon dan Sempatung adalah dua dusun yang bertetangga, bahasanya mirip tapi berda.  Mereka berbicara nayaris tak kedengaran (seperti berbisik) namun mereka dapat berkomunikasi pada jarak jauh, dengan cara membaca gerak bibir atau mulutnya. Kata-katanya pun pendek-pendek seperti disingkat.

Bisa saya tidak mengetahui/  tidak mendengar kalo murid saya saling berkomunikasi/ bekerja sama saat ulangan di kelas, tapi kawan saya (guru putra daerah) mengetahuinya.  Hebat kan?

 

Contoh:

Beberapa kata sehari-hari dalam bahasa Tengon:

Makan  =  me                                        ; Sudah = ko

Makan nasi = me bi                              ; Belum = ko eh

Minum = nok                                         ; Apa = nne

Minum air kopi = nok in kopi              ; Cewe = dayung

Kamu = mu                                    ; Mendengar = genge

Saya = ku                                       ; Melihat = nney

Kita semua = te bobo                           ; Lapar = belek

Mereka = iyuh                                      ; Tidur = ndem

Jalan = penu                                  ; Mandi = mamuy

Bangun tidur = mekan ndem              ; Pagi = lem babut

Siang = nganduo                           ; Sore = ndo ngamoy   dst.

 Berhitung/Bilangan:

1 = nju, 2 = dueh, 3 = taluy, 4 = pi, 5 = lemuh, 6 = num, 7 = ju, 8 = meey

9 = peey, 10 = semu   dst.

Berikut ini contoh percakapan dalam bahasa Tengon beserta terjemahaanya:

Si A     = ngake’ mende? (kapan datang?)

Si B      = ngamey (kemarin)

Si A     = mende deki mu melek ney? (kemana saja kamu baru kelihatan?)

Si B      = eh, gawe ke kapung ( ada, kerja di kampung)

Si A     = mu ko me yeh? (sudah makan belum?)

Si B      =  ko eh, ke titih ku belek, e bi? (belum, sekarang saya lagi lapar, ada nasi?)

Si A     = eh, to meme me’ (ada,kalo begitu kita sama-sama makan)

Si B      = e’, makasih iyok. (yah, terima ksih banyak)

 

Bersambung.